Blog

Pindah Rumah? Ini cara jitu membersihkan rumah baru anda...

14 September 2016

Mengawali hidup baru dengan pindah rumah di tempat baru perlu dimulai dengan membersihkan rumah itu sendiri sebelum ditempati.

Ada kebahagiaan tersendiri ketika pindah ke rumah baru. Namun sebelum menikmatinya, Anda perlu menyelesaikan pekerjaan rumah berupa bersih-bersih rumah baru tersebut sebelum Anda tempati agar selanjutnya membuat Anda nyaman dan betah di dalamnya. Juga tidak kalah penting adalah menyingkirkan bekas-bekas penghuni lama, termasuk bau, debu, sarang laba-laba, dan kotoran lain sehingga Anda benar-benar bisa memulai awal yang baru di rumah yang baru. Semuanya harus dibereskan sebelum Anda menempatkan barang-barang Anda di dalam rumah tersebut.

Berikut ini tips pindah rumah baru yang kami rangkum untuk Anda:


1. Membersihkan rumah baru sebelum pindah rumah atau sebelum rumah ditempati

Secara etika kesopanan, penghuni lama seharusnya membersihkan rumah yang akan ditinggalkan sehingga rumah kurang lebih siap pakai oleh penghuni baru. Meskipun demikian, kenyataannya tidak banyak orang yang melakukan ini secara sungguh-sungguh atau penghuni baru kadang ingin mencapai tingkat kebersihan yang lebih baik. Apa pun kondisinya, lakukan kegiatan bersih-bersih rumah baru sebelum Anda meminta perusahaan jasa pindahan memasukkan barang-barang Anda ke dalamnya. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa mencapai seluruh bagian di dalam rumah.

2. Mulai membersihkan dari bagian yang paling tinggi

Agar debu dan kotoran tidak kembali mengotori bagian yang telah dibersihkan, mulailah dengan membersihkan bagian yang paling tinggi, yaitu plafon. Lanjutkan ke bagian-bagian yang lebih rendah, termasuk kerangka pintu dan jendela hingga turun ke lantai. Gunakan sapu bersih atau kemoceng bertangkai panjang untuk menyingkirkan debu dan sarang laba-laba dari langit-langit.

3. Memprioritaskan bagian-bagian yang akan lebih sulit dibersihkan ketika sudah ditempati

Fokuskan perhatian Anda pada area yang nantinya akan jarang dibersihkan atau lebih susah dijangkau ketika rumah sudah diisi dengan furnitur dan perabotan lain. Bagian-bagian tersebut termasuk dinding, lis pembatas dinding dan plafon, lis pembatas lantai dan dinding, ventilasi udara, dan loteng jika perlu. Jika rumah baru Anda memiliki lemari atau kabinet yang menyatu dengan dinding, bersihkan bagian dalamnya.

4. Membersihkan permukaan yang sering disentuh

Kebanyakan orang tidak ingin segala kenangan yang ditinggalkan penghuni lama tetap berada di dalam rumah yang akan mereka tempati. Kenangan tersebut bisa berupa bau dan sidik jari pada bagian-bagian yang sering disentuh seperti gagang pintu, tombol toilet, keran, sakelar, dan lain sebagainya.

*source: cleanipedia.com